Ando Jefri

Rabu, 09 November 2011

Tugas SIA III


TUGAS SIA III

PERTANYAAN
1.      Di bioskop, ada seorang pegawai yang biasanya bertanggungjawab untuk memberikan karcis dan menerima uang, sementara pegawai lainnya mengumpulkan karcis saat penonton memasuki bioskop. Apa alasan kegiatan ini?

2.      Banyak restoran yang menggunakan nota pesanan pelanggan yang telah diberi nomor terlebih dahulu. Setiap pelayan diberikan nota ini untuk menulis pesanan pelanggan. Pelayan diberitahukan untuk tidak membuang satupun nota pelanggan tersebut. Apabila terjadi kesalahan, mereka harus membatalkan nota tersebut dan menulis yang baru. Setiap hari, seluruh nota yang dibatalkan akan dikembalikan ke manajer. Bagaimanakah cara kebijakan ini dapat membantu restoran untuk mengendalikan penerimaan kasnya?

3.      Sebutkan siklus-siklus transaksi bisnis yang terjadi pada umumnya pada suatu organisasi. Dan tuliskan kegiatan bisnis yang umum dan dokumen sumber yang dihasilkan pada masing-masing siklus transaksi tersebut !

SOLUSI
1.       Kegiatan proses tersebut sangat penting karena setiap proses mempunyai pertanggung jawaban tersendiri dalam setiap bidangnya. Dimana pekerjaan menjadi terorganisir dan efektif. Proses tersebut juga dilakukan agar memastikan pemisahan tugas yang efektif, dimana pemisahan tugas berkenan dengan pembagian tanggung jawab ke beberapa pegawai atas bagian-bagian dari sebuah transaksi, serta mengumpulkan dan memproses data mengenai kegiatan bisnis organisasi secara efisien dan efektif, sehingga membentuk pengendalian yang memadai untuk memastikan bahwa data kegiatan bisnis di catat dan diproses secara akurat dan untuk melindungi data dan aset organisasi lainnya.

2.       Kebijakan yang dapat dilakukan untuk mengendalikan penerimaan kas adalah pemberian nomor pada nota pesanan pelanggan, pelayan tidak boleh membuang nota apa bila terjadi kesalahan, dan mengembalikan seluruh nota pesanan kepada manajer, serta membentuk pengendalian yang memadai untuk memastikan bahwa data kegiatan bisnis di catat dan diproses secara akurat dan untuk melindungi data dan aset organisasi lainnya sehingga membantu restoran untuk mengendalikan penerimaan kasnya.

3.      Siklus-siklus transaksi bisnis :

a.       The revenue cycle: siklus pendapatan mencakup kegiatan penjualan dan penerimaan dalam bentuk uang tunai.
b.      The expenditure cycle: siklus pengeluaran, mencakup kegiatan pembelian dan pembayaran dalam bentuk uang tunai.
c.       The human resources/payroll cycle: siklus penggajian sumber daya manusia, mencakup kegiatan mengontrak dan menggaji pegawai.
d.      The production cycle: siklus produksi, mencakup kegiatan mengubah bahan mentah dan buruh menjadi produk jadi.
e.       The financing cycle: siklus keuangan,mencakup kegiatan untuk mendapatkan dana dari investor dan kreditor dan membayar mereka kembali.

Kegiatan bisnis dan dokumen

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda